Jumat, 30 Agustus 2013

Cara Menghemat Daya Baterai Perangkat Android


Secanggih canggihnya ponsel android, akan tetap tidak ada gunanya jika tanpa adanya baterai. Nah seperti yang sobat droiders ketahui, Android mempunyai banyak fitur yang mumpuni, seperti konektifitas Bluetooth, WiFi, HSDPA, 4G LTE, Layar yang lebar beresolusi tinggi, Prosesor hingga quad core 1GHz lebih, ataupun RAM 1 GB. Semua fitur diatas mengkonsumsi daya baterai yang lumayan. Belum lagi banyaknya proses aplikasi yang berjalan karena fitur multitaskingnya. Nah kali ini saya akan memberikan tips kepada anda semua bagaimana cara mengakali agar perangkat canggih Android anda setidaknya dapat menyala lebih lama sebelum kehabisan daya baterai :



1. Matikan koneksi data jika tidak diperlukan

Kalau tidak membutuhkan akses internet, lebih baik matikan konektivitas wi-fi atau matikan jaringan data. Untuk menonaktifkan Wifi tinggal klik ikon Wifi di bilah status atau Pengaturan – Nirkabel dan Jaringan – Wifi – Hilangkan centang aktifkan Wifi.

Untuk menonaktifkan jaringan seluler, masuk ke Pengaturan – Nirkabel dan Jaringan – Jaringan Seluler – Hilangkan centang ‘Gunakan data paket’ dan ‘Jelajah data’


2. Matikan sambungan Bluetooth, GPS, dan semua akses nirkabel agar perangkat tidak menghabiskan energi untuk mencari signal.

Untuk menonaktifkan fitur ini anda cukup mengaturnya di bilah notifikasi atau di pengaturan.


Untuk GPS juga bisa dinonaktifkan di Pengaturan – Lokasi dan pengamanan – Hilangkan centang ‘Gunakan satelit GPS’

3. Ubah koneksi 3G/HSDPA ke 2G (GPRS/EDGE)
Buka Pengaturan – Nirkabel dan Jaringan – Jaringan seluler – Centang ‘Hanya menggunakan jaringan 2G’


4. Lakukan sinkronisasi data secara manual (Menonaktifkan sinkronisasi otomatis)
Buka Pengaturan – Akun & sinkronisasi – hilangkan centang ‘Data latar belakang’


Catatan : Jika Anda menonaktifkan sinkronisasi naka aplikasi seperti Gmail, Facebook tidak akan terupdate secara realtime.

5. Tutup aplikasi yang tidak dipakai karena fitur multifungsi menjadi faktor penentu perangkat kehabisan energi.
Untuk keluar dari aplikasi lebih baik gunakan tombol back daripada tombol home.

6. Tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang
Untuk melihat aplikasi yang berjalan, buka aplikasi Manajemen tugas lalu klik tombol ‘Akhiri semua’ (Tidak semua aplikasi terlihat disini). Atau pada manajemen tugas, ketuk tab ‘RAM’ lalu pilih ‘Hapus memori’.




7. Atur pencahayaan lampu latar ke tingkat minimal.

8. Atur screen time out hingga batas paling minimal


9. Matikan atau atur perangkat ke mode airplane saat anda berada di daerah yang tidak ada signal.


10. Gunakan headphone saat mendengarkan musik karena akan lebih menghemat tenaga dibandingkan menggunakan pengeras suara bawaan perangkat.

11. Matikan perangkat saat tidak digunakan.

12. Gunakan wallpaper berwarna hitam polos
Dengan menggunakan wallpaper berwarna hitam polos, layar ponsel tidak perlu menghabiskan daya yang tidak perlu untuk menampilkan aneka warna yang berdampak pada peningkatan konsumsi daya.

13. Hindari menggunakan aplikasi tema/launcher/widget yang berlebihan.
Widget ataupun tema seperti Go Launcher EX menghabiskan banyak ruang RAM dan memberatkan prosesor, sehingga membuat ponsel laggy, juga boros baterai. Lebih baik gunakan tema standar bawaan.

14. Hindari menggunakan live wallpaper.
Live wallpaper juga menghabiskan banyak ruang RAM dan memberatkan prosesor, sehingga membuat ponsel laggy, juga boros baterai.

15. Hindari mengisi daya baterai saat posisi daya diatas 50%.
Mengisi daya baterai saat posisi daya diatas 50% dapat mengurangi daya tahan baterai.

16. Matikan getar dan atur volume dering ke paling minimal.
 Getar dan suara dering yang keras juga menyedot daya baterai. Jika ponsel jarang menerima panggilan masuk lebih baik matikan getar atau atur volume ke paling minimal, atau masuk ke mode hening.

17. Gunakan aplikasi penghemat daya baterai.
Aplikasi jenis ini akan memantau penggunaan baterai dan membuat rencana penghematan, juga mematikan koneksi tertentu. Contoh aplikasinya adalah Battery Saver DU. Anda bisa mendapatkannya di Google Play Store ataupun mendownload via PC menggunakan mobogenie.

Semoga tips menghemat energi baterai smartphone android diatas dapat berguna bagi kalian semua agar baterai smartphone Android anda tidak cepat habis.

2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar ya :) Terimakasih...

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...